PERLENGKAPAN BAGI HOBBY MENUNGGANG KUDA



Bagi anda para pemula dalam olah raga berkuda, peralatan dasar yang harus anda ketahui dan miliki sebagai perlengkapan wajib. Peralatan tersebut harus anda kontrol baik kelengkapannya maupun kualitasnya. Peralatan dasar itu terbagi dalam 2 hal:

1. Peralatan bagi si Penunggang

2. Peralatan bagi si Kuda

1. Peralatan Bagi Si Penunggang

Peralatan dasar bagi penunggang kuda terdiri atas peralatan keamanan dan pelindung diri antara lain: standard safety helmet (helm), sepatu tunggang/boot, pelindung dada (bila perlu), kaca mata (race). Serta Cemeti (pecut).

2. Peralatan Bagi Si Kuda:

Peralatan bagi si kuda terdiri atas Peralatan Punggung atau disebut pelana/saddle beserta perlengkapannya dan Peralatan Kepala atau disebut Head Bridle dan perlengkapannya.

Peralatan Punggung Kuda terdiri atas:

  • Pelana Kuda atau disebut “Saddle=English”
  • Alas Saddle atau dikenal dengan kata “Lebrak=Jawa”, atau “Saddle Pad = English”.
  • Sanggurdi atau dikenal dengan kata “Songgowedi=Jawa” atau “Stirrups = English”
  • Tali Sanggurdi atau dikenal dengan kata “Tali Ulur = Jawa” atau “Adjustable Stirrup Straps=English”.
  • Amben atau dikenal dengan kata Tali Perut atau “Girth = English” terdiri atas Amben Luar dan Amben Dalam.
Sedangkan Peralatan Kepala terdiri atas:
  • Sarungan Kepala atau “Head Bridle=English” dengan berbagai variasi seperti dengan Nose-band dll.
  • Kendali besi atau dikenal dengan kata “Cakotan=Jawa” atau “Bite=English”
  • Tali Kekang atau dikenal dengan kata “Lis = Jawa” atau “Reins=English”
  • Martingal alat ini dipakai untuk membantu menggendalikan kuda. Ada vertikal martingal dan horizontal martingal.
  • Tali Tuntunan atau disebut “Lead Rope=English”.

Peralatan-peralatan kuda tersebut dibuat khusus untuk kuda yang bersangkutan dan disesuaikan dengan ukuran kuda: tingggi kuda, ukuran lingkar kepala, lingkar rahang, lingkar perut, panjang leher dll. Peralatan Kuda juga dibuat tersendiri tergantung disiplin yang diambil seperti: Khusus untuk tunggang (equestrian), khusus pacuan (race) maupun untuk latihan (training) sehari-hari.

Pacuan Kuda Klasik mengharuskan peralatan berkuda terbuat dari bahan kulit asli, namun atas tuntutan jaman, pertimbangan harga, fleksibilitas dan kemudahan sekarang ini sebagian peralatan kuda telah dibuat dari bahan bahan sintetis seperti nylon, plastik dll.

Pelana Kuda atau Saddle adalah salah satu peralatan kuda yang paling banyak variasinya sesuai dengan disiplin olah raga berkuda yang ada. Ada Pelana Gaya Inggris atau disebut English Saddle. Pelana inilah yang paling sering dipakai untuk Tunggang, maupun Race. Ada juga Pelana Gaya Western atau dikenal dengan Western Style Saddle yang dipakai dalam olah raga berkuda gaya Western Cowboy atau Rodeo.

Pelana kuda Equestrian gaya Inggris juga terdiri atas berbagai model: Tunggang Long Range (Endurance), Dressage maupun Show Jumping. Design pelana disesuaikan dengan posisi kaki penunggang dan titik berat badan penunggang diatas punggung kuda. Para pembuat pelana/saddle memperhitungkan dengan cermat segi-segi keamanan dan kekuatan pelananya untuk disiplin olah raga berkuda yang dimaksud.

Selain itu ada olah raga berkuda jenis Bendi dan Polo yang di Indonesia belum populer. Peralatanya juga sedikit berbeda.

Untuk peralatan tunggang maupun pacu sudah banyak yang dapat dibuat sendiri didalam negeri dengan kualitas baik dengan harga yang terjangkau namun bagi penggemar barang import juga dapat memperolehnya meskipun relatif lebih sulit didapat, serta harga yang jauh lebih mahal. Barang-barang itu biasanya buatan Australia, Amerika maupun Inggris.


Artikel Yang Disukai :



 
Copyright © Hobby | Powered by Blogger