SEKILAS TENTANG MATA PANCING

SEKILAS TENTANG MATA PANCING

Mata pancing sangat banyak jenis, ukuran, bahan dan peruntukkannya. Kan tidak mungkin memancing mujair dengan kail patin dan sebaliknya.


Mata pancing tersedia mulai dari model single hook, double hook, treble hook hinga model garong (mata kail lebih dari 3).

Merek dan harganya juga sangat bervarisi, mulai dari Rp. 100,- per mata kail hingga RP. 15,000,- per mata kail-sekali lagi tergantung ukuran, bahan dan mereknya.



Gambar diatas menunjukkan berbagai macamkail dalam beragam ukuran, bentuk dimana
masing masing mempunyai peruntukkan khusus.
gambar kiri menunjukkan single hook dan gambar kanan menunjukkan treble hook

Nenek moyang kita membuat kail dari 2 tulang yang ditajamkan dan disatukan dengan lilitan akar pohon/kain membentuk sudut hampir 45 derajat.


Kalau anda penasaran sebenarnya dulu nenek moyang kita bagaimana mancingnya, ini saya tunjukkan kail model jaman batu.

Dalam penggunaan moderen, kail sudah berubah banyak mengikuti umpan. Satunya adalah assist hook yang dipasangkan pada metal jig untuk jigging.


Untuk keperluan jigging, kail biasanya digunakan ukuran besar dan diikat dengan kevlar yang lebih tahan gigit dan lebih kuat dibanding nylon namun menawarkan kelenturan layaknya kain, tidak seperti kawat neklin/ baja solid.

Untuk memancing tenggiri/ bawal/alu-lau/barracouta/barrakuda dan ikan-ikan bergigi tajam lainnya kita bisa mensubtitusi juga dengan kawat baja berukuran kecil. Cukup ukuran kecil karena kekuatannya sudah sangat besar. Ini contoh rangkaian kail dengan kawat baja.


Kalau anda masih bingung soal mata pancing yang harus anda pilih, datang saja langsung ke toko pancingterdekat dengan lokasi anda dan konsultasikan langsung dengan sang penjual.


Artikel Yang Disukai :



 
Copyright © Hobby | Powered by Blogger