SEPUTAR TENTANG HOBBY BERKEBUN


Manfaat hobby berkebun
  • Membantu menghilangkan tekanan mental/stress. Sebuah penelitian di Nederland membuktikan bahwa aktivitas berkebun bisa mengurangi kadar hormone ‘cortisol’ yang menyebabkan stress. Satu kelompok orang setelah kerja rutin yang melelahkan disuruh membaca didalam ruangan dan satu kelompok lain disuruh bekerja dikebun. Ternyata mereka yang melakukan aktivitas dikebun menjadi lebih gembira dan berkurang rasa lelah dan jenuhnya.
  • Membantu kesehatan jiwa. Percobaan dilakukan terhadap sejumlah pasien yang mengalami depresi/gangguan bipolar. Setelah tiga bulan mereka disuruh menanam bunga-bunga dan sayuran, ternyata untuk separoh dari jumlah pasien itu gangguan depresi yang mereka alami sebelumnya jadi berkurang. Mereka tampak lebih gembira dan bersemangat.
  • Berkebun adalah berolah raga. Kebiasaan beraktivitas dikebun menggunakan tenaga. Kalau badan digerakkan, aliran darah jadi lebih lancar. Sendi-sendi jadi tidak kaku lagi.
  • Menjaga mereka yang sudah lansia supaya tidak cepat pikun. Semua aktivitas dikebun, hawa segar dan sinar matahari diluar rumah, indahnya hijau dedaunan dan harumnya bunga-bunga yang bermacam warna, kicauan burung, kupu=kupu dan kumbang yang berterbangan bisa mempengaruhi perasaan dan merangsang fungsi otak.
  • Kegiatan hobby yang memberikan kesenangan dan kepuasan jelas akan membuat anda lebih sehat dan bahagia.
Tahapan memulai untuk berkebun
berkebun itu membutuhkan tenaga, bagi mereka yang tidak biasa harus dilakukan sedikit demi sedikit. Misalnya dengan mencoba menanam untuk keperluan dapur seperti serai, jahe, kunyit, cabe, tomat dsb. Kalau beli serai, jahe kunyit, laos dsb dan ada sisanya sebelum kering bisa dengan mudah ditanam. Cabe dan tomat bisa ditanam dengan menyebar bijinya. Ini semua bisa didapat dari dapur dan tak perlu beli benih khusus. Juga tanaman ini bisa tumbuh didalam pot atau ditanah.
Untuk design taman, anda bisa merancangnya sendiri menurut selera. Tidak harus semuanya dikerjakan sekali gus dan lahan bisa disiapkan dan ditanami sedikit demi sedikit kalau anda tak biasa kerja dengan menggunakan tenaga. Ingat kerja dikebun secara berlebihan bagi yang tidak terbiasa, bisa menyebabkan pegal linu dimalam harinya.
Menanam apa saja? Kalau ingin mulai menanam tanaman hias, anda bisa berjalan-jalan didaerah dimana anda tinggal dan melihat tanaman apa saja yang tumbuh subur dan anda sukai yang kemudian anda juga bisa menanamnya sendiri. Kalau menanam pohon harus ingat akan berapa besar pohon itu bisa tumbuh, apakah akarnya bisa merusak saluran air atau fondasi rumah???
Tanaman tak usah yang mahal-mahal kalau anda tak mampu membelinya. Banyak tanaman lokal yang murah harganya dan tak kalah indahnya.
Banyak orang yang mengeluh karena apa saja yang mereka tanam akhirnya mati. Untuk berhasil bercocok tanam bukan karena bakat tertentu, tapi karena mempelajari tanaman tersebut. Dijaman modern seperti sekarang ini tak ada alasan untuk bilang belajarnya dari mana? Di-internet bisa ditemukan hampir semua informasi tentang tanaman. Tanah apa yang cocok, iklimnya, letaknya, pupuknya, kebutuhan air, sinar matahari dsb. Tanpa mengetahui kebutuhan masing-masing tanaman akan sulit untuk bisa berhasil menanamnya dengan subur.


Artikel Yang Disukai :



 
Copyright © Hobby | Powered by Blogger