INFO BETERNAK KUDA


(Breeding) Beternak kuda pacu, jarang dilirik oleh masyarakat disebabkan biaya mahal dan juga tidak menjanjikan karena peluang pasarnya yang kecil.
.
Memiliki kuda merupakan perlambang dan kehormatan tersendiri di mata masyarakat. Mengingat harga kuda sangat melambung tinggi. 

Di negeri ini, kuda banyak dimanfaatkan sebagai sarana transportasi, wisata, dan diambil susu maupun dagingnya. Di beberapa kota atau daerah, kuda sudah dimanfaatkan untuk pacuan.

Kuda, yang bahasa latinnya Equus caballus atau Equus ferus caballus. Hewan ini telah lama menjadi salah satu hewan ternak yang penting secara ekonomis, dan telah memegang peranan penting dalam pengangkutan orang dan barang selama ribuan tahun.

Umur kuda dapat mencapai 25 tahun. Kuda betina biasa dikawinkan pada umur dua tahun. Setelah melewati masa reproduksi, kuda akan mengandung selama enam bulan.

Jenis kuda yang sering diternakkanadalah jenis kuda pacu, dimana piaraan-jenis Thoroughbred sebagai bibit unggulnya, kemudian kuda betina lokal pilihan dan kuda poni hasil perkawinan keduanya.

Kuda piaraan ini banyak jenisnya, antara lain Kuda Arab, Kuda Sumbawa, Kuda Australia, Kuda Inggris, dan Kuda Mustang yang berasal dari Amerika Utara. Jenis-jenis kuda ini adalah jenis unggulan yang bernilai tinggi di pasaran.



Artikel Yang Disukai :



 
Copyright © Hobby | Powered by Blogger