MANFAAT PUNYA HOBBY BERSEPATU RODA



Sewaktu  masih kecil, Anda pernah meluncur di jalan raya dengan menggunakan sepatu roda? Sekarang, bersama keluarga, tidak ada salahnya untuk melanjutkan hobby itu. Mungkin Anda dapat memanfaatkan car free day empat kali sebulan di Jakarta. Atau bisa juga bersepeda di sekitar rumah, jika jalan lumayan mulus.

Dulu sepatu roda terdiri atas dua roda di bagian belakang dan dua di depan, sehingga kerap disebuat quad skates. Sekarang, yang tren adalah in-line skates karena roda-rodanya tersusun dalam satu baris. Jumlah roda mulai dari dua hingga lima.

:Menurut situs LiveStrong, bermain in-line skates memiliki banyak keuntungan kesehatan:

Jantung menjadi sehat
Sebagai kegiatan aerobik bermain in-line skates meningkatkan aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh. In-line skates membantu mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular, misalnya tekanan darah tinggi, serangan jantung, dan stroke.

Membakar lebih banyak kalori
Latihan aerobik seperti in-line skates membakar lebih banyak kalori daripada latihan anaerobik, seperti angkat besi. Orang dengan berat badan 70 kg dapat membakar 913 kalori per satu jam bila bermain in-line skates. Bandingkan dengan 8 km dalam satu joging yang hanya membakar 584 kalori atau hanya 277 kalori untuk jalan sepanjang 5,5 km per jam.

Keseimbangan dan koordinasi tubuh
In-line skates membantu memperbaiki keseimbangan dan koordinasi tubuh, sehingga akan mencegah Anda mudah jatuh dan cedera. Banyak faktor yang berkontribusi pada keseimbangan dan koordinasi yang buruk, termasuk cedera pada persendian/ligamen/tendon/otot, usia yang menua, dan penyakit seperti artritis dan osteoporosis. Menambah in-line skates dalam program latihan akan menjadi cara yang menyenangkan untuk melatih koordinasi.

Perhatian:
  • Jika Anda belum pernah bermain sepatu roda sebelumnya atau memiliki kondisi medis seperti osteoporosis, artritis, diabetes, sebaiknya berkonsultasi lebih dahulu ke dokter sebelum bermain sepatu roda dengan niat untuk meningkatkan kebugaran.
  • Hindari bermain di jalan raya sampai Anda sudah mahir. Cobalah bermain di taman yang jauh dari jalan raya atau di jalan depan rumah.
  • Selalu cek kondisi sepatu roda sebelum dipakai. Pastikan rodanya tidak ada yang aus.
  • Selalu memakai perlatan keselamatan, yakni helm serta pelindung siku dan lutut.


Artikel Yang Disukai :



 
Copyright © Hobby | Powered by Blogger