9 MANFAAT HOBBY MEMELIHARA HEWAN PELIHARAAN



Manusia dan hewan dapat memiliki hubungan yang sangat erat seperti sahabat. Hewan itu dipelihara, diberi makan, diajak bermain, bahkan tidur bersama. Berikut manfaat dari memelihara binatang 

1. Melindungi dari infeksi saluran pernapasan
Hasil penelitian pada tikus yang dipaparkan pada April lalu di pertemuan tahunan Komunitas Mikrobiologi Amerika mengemukakan debu yang diambil dari anjing dapat melindungi rumah terhadap virus respiratory syncytial virus (RSV). Ini adalah virus yang dapat meningkatkan risiko asma. "Tikus yang makan debu tidak menunjukkan gejala yang berhubungan dengan infeksi saluran napas RSV, seperti peradangan dan produksi lendir," ujar Kei Fujimura, peneliti dari Universitas California, San Francisco.

2. Membuat jantung mudah beradaptasi
Sebuah studi yang diterbitkan awal tahun ini di Jurnal Kardiologi Amerika menunjukkan orang dengan penyakit kronis dan memelihara binatang maka ia akan memiliki jantung dengan kemampuan adaptasi yang baik. 

3. Mengurangi risiko stres di tempat kerja
Membawa peliharaan ke tempat kerja dapat membantu menurunkan tingkat stres Anda dan meningkatkan kepuasan kerja Anda. "Kehadiran hewan peliharaan dapat berfungsi sebagai pengendali kesehatan yang murah yang dapat mendukung Anda dan rekan kerja di kantor sehingga meningkatkan daya kerja,” ungkap Randolph T. Barker, Ph.D., seorang guru besar manajemen di Universitas Virginia Commonwealth. "Tentu saja, tetap perlu ada kebijakan untuk memastikan bahwa hewan yang akan dibawa adalah hewan rama ramah, bersih, dan berperilaku baik," dia menambahkan.

4. Meningkatkan percaya diri
Menurut sebuah studi dalam Journal of Personality and Social Psychology, orang yang memelihara hewan akan merasa lebih percaya diri dan tidak kesepian dibandingkan dengan orang tanpa hewan peliharaan. Selain itu, The Daily Mail juga melaporkan bahwa pada umumnya, pemilik hewan peliharaan lebih berani dan ekstrovert daripada rekan-rekan mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan. "Hewan dapat berfungsi sebagai sumber dukungan sosial dan memberikan banyak manfaat psikologis dan fisik yang positif bagi pemiliknya," tulis para peneliti dalam studi tersebut.

5. Menurukan tekanan darah
Menurut sebuah studi dalam jurnal Hypertension, ketika seseorang stres, dukungan sosial yang berasal dari pemeliharaan hewan dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah. Studi ini dilakukan oleh Universitas Negeri New York di Buffalo. "Penelitian ini menunjukkan bahwa jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, hewan peliharaan sangat baik untuk Anda ketika Anda sedang stres, dan kepemilikan hewan peliharaan sangat baik untuk Anda jika Anda memiliki sistem pendukung yang terbatas," kata peneliti Karen Allen dalam studi itu.

6. Mengurangi risiko kematian akibat serangan jantung
WebMD melaporkan bahwa memiliki kucing berhubungan dengan rendahnya risiko kematian setelah serangan jantung. Laporan penelitian ini dipresentasikan pada tahun 2008 pada pertemuan tahunan Asosiasi Stroke Amerika. Penelitian yang melibatkan hampir 4.500 orang itu menunjukkan bahwa memiliki kucing dapat menurunkan risiko kematian setelah serangan jantung hingga 40 persen dan menurunkan risiko meninggal akibat masalah jantung lainnya seperti gagal jantung, penyakit jantung dan stroke hingga 30 persen.

7. Melindungi dari alergi
Sebuah penelitian yang diterbitkan tahun lalu dalam Journal Clinical & Experimental Allergy mengatakan di masa mendatang, tingkat risiko alergi anak-anak akan turun jika mereka tinggal dengan hewan peliharaan selama masa bayi. Para peneliti mengatakan, efek perlindungan mungkin karena sistem kekebalan tubuh diperkuat dari alergen dan bakteri yang berhubungan dengan hewan peliharaan

8. Menangkal depresi
Memiliki hewan peliharaan dapat melindungi pria dari risiko AIDS akibat depresi. Fakta ini diungkapkan oleh peneliti dari Universitas California, Los Angeles. Secara khusus, depresi tiga kali lebih mungkin dilaporkan oleh orang-orang dengan AIDS yang tidak memiliki hewan peliharaan, dibandingkan dengan mereka yang memiliki hewan peliharaan.

9. Meningkatkan Oksitosin
Hanya dengan membelai anjing, Anda akan merasa lebih baik. Ini disebabkan membelai hewan peliharaan akan merangsang sekresi hormon oksitosin dan serotonin dalam tubuh dan menurunkan tingkat stres kortisol. Selain itu, sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Universitas Missouri, Columbia dan dilaporkan dalam MSNBC, menunjukkan bahwa hanya dengan membelai anjing selama 15 menit hingga setengah jam dapat menurunkan tekanan darah sebesar 10 persen.
Disarikan dari http://www.tempo.co


Artikel Yang Disukai :



 
Copyright © Hobby | Powered by Blogger